5 Pilihan Jenis Sablon Terbaik Untuk Bikin Kaos Desain Sendiri

bikin-kaos-desain-sendiri

Saat ini perubahan fashion itu sangat cepat, bahkan trendnya bisa berubah hanya dalam hitungan minggu. Hal ini karena adanya sosial media yang bisa menyebarkan banyak hal dengan sangat cepat, termasuk trend baju yang ada. Sehingga kamu pasti akan merasa kebingungan ketika mengikutinya. Sehingga sebagian orang lebih memilih gaya pakaiannya sendiri tanpa mengikuti trend yang ada. Kamu juga bisa melakukan hal ini dengan bikin kaos desain sendiri

Kaos adalah salah satu jenis pakaian yang banyak digunakan dimana saja. Kaos juga memiliki sifat yang fleksibel sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti untuk keseharian, jalan-jalan, belanja, bekerja, bertemu teman dan sebagainya. Sehingga tidak heran jika peminat kaos itu banyak sekali. Apalagi siapa saja bisa menggunakannya tanpa terikat apapun, baik laki-laki atau perempuan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. 

Ketika ingin membuat kaos dengan desain sendiri tentu kamu harus menyiapkan beberapa hal. Pertama adalah desain kaos, dimana harus kamu buat dengan semaksimal mungkin agar penampilan kaos lebih menarik. Lalu pilih bahan yang digunakan, usahakan untuk memilih bahan yang tepat dan berkualitas. Lalu tentukan jenis sablon yang ingin digunakan. Karena jenis sablon sangat bermacam-macam, tentu dengan karakteristik dan harga yang berbeda. Sehingga untuk mendapatkan penampilan yang menarik juga perlu memilih jenis sablon yang tepat. 

Berikut 5 Pilihan Jenis Sablon Terbaik Untuk Bikin Kaos Desain Sendiri

Membuat kaos dengan desain yang dirancang sendiri tentu ingin hasil yang memuaskan serta sesuai dengan ekspektasi. Hal ini bisa terwujud dengan persiapan yang terbaik. Salah satunya yaitu dengan memilih jenis sablon yang tepat. berikut ini 5 pilihan jenis sablon yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu:

1. Sablon plastisol

Pilihan pertama jenis sablon terbaik adalah plastisol yang berbasis minyak. Jenis ini merupakan salah satu sablon yang sering direkomendasikan untuk membuat kaos. Karena kualitasnya memang terkenal bagus dan sering digunakan untuk membuat kaos distro. Untuk harga terbilang cukup mahal, namun dengan kualitas yang tidak mengecewakan. 

Kelebihan sablon plastisol antara lain hasil sablon yang lebih tahan lama. Lalu kualitas warna yang lebih bagus serta hasil yang lebih akurat. Dimana sablon ini memiliki sifat yang tidak mudah tercampur sehingga cocok untuk membuat desain dengan gradasi warna serta detail yang lebih kecil. 

2. Sablon rubber

Pilihan sablon yang kedua yaitu sablon rubber yang berbasis air. Jenis sablon ini juga menjadi salah satu jenis sablon yang sering dijadikan pilihan untuk bikin kaos desain sendiri. Dia memiliki sifat yang elastis karena berbahan dasar karet, sehingga mudah mengikuti bahan kaos. Namun gambar yang dihasilkan tetap stabil dan tidak pecah. 

3. Sablon glow in the dark

Pilihan jenis sablon yang ketiga yaitu sablon glow in the dark, yaitu jenis sablon yang dapat menyala ketika tidak ada cahaya atau gelap. Hal ini karena bubuk fosfor yang digunakan pada sablon tersebut. Hasil dari sablonnya akan membuat desain menjadi tampak lebih mewah dan mengesankan. Sehingga kamu bisa bikin kaos desain sendiri dengan menarik dan memuaskan. Karena kualitasnya juga sangat baik, tidak kalah dengan jenis sablon yang lain. 

4. Sablon DTG

Pilihan jenis sablon untuk bikin kaos desain sendiri selanjutnya yaitu sablon DTG ( Direct To Garment). Jenis ini tidak menggunakan screen untuk mencetak desain langsung diatas kain. Melainkan menggunakan mesin digital, seperti printer untuk menggambar desain.

Kelebihan jenis sablon ini adalah detail dan resolusi gambar yang lebih baik, pilihan warna yang tidak terbatas, ketahan yang lebih baik, dan banyak lagi. Namun biasanya hanya digunakan untuk pembuatan baju dalam jumlah yang besar. 

5. Sablon super white

Pilihan terakgir jenis sablon untuk bikin kaos desain sendiri adalah sablon super white. Dengan namanya yang seperti itu, bukan berarti hasilnya akan sangat putih. Akan tetapi justru kurang putih karena dituntut untuk menutupi semua serat kain serta memiliki hasil yang rata. Untuk kualitasnya sangat baik karena akan menghasilkan sablon yang kuat dan tahan lama serta memiliki permukaan yang halus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *